Langsung ke konten utama

Yuk Cari Tau sepenting apa sih paragraf untuk periklanan??

1. Paragraf narasi 
adalah paragraf yang isinya berupa karangan maupun cerita yang menyajikan suatu peristiwa atau kejadian serta bagaimana peristiwa itu berlangsung berdasarkan urutan waktu.
Peristiwa itu bisa benar benar terjadi tapi bisa juga hanya khayalan saja. Roman, novel, cerpen drama, biografi dan kisah perjalanan termasukbjenis tulisan narasi.

Contoh : Roman, novel, cerpen drama, biografi dan kisah perjalanan termasukbjenis tulisan narasi.

Ciri : Secara Umum ada 7 ciri-ciri paragraf narasi, yaitu :
1. Adanya unsur perbuatan atau tindakan.
2. Adanya unsur rangkaian waktu dan informatif.
3. Adanya sudut pandang penulis.
4. Menggunakan urutan waktu dan tempat yang berhubungan secara kausalitas.
5. Terdapat unsur tokoh yang digambarkan dengan memiliki karakter atau perwatakan yang jelas.
6. Terdapat latar tempat, waktu, dan suasana.
7. Mempunyai alur atau plot.

a. Narasi ekspositoris
Narasi ekspositoris adalah suatu bentuk narasi yang yang tujuanya menyampaikan informasi mengenai berlangsungnya suatu peristiwa atau proses. Narasi ini bersifat memperluas pengetahuan pembaca. Tahapan tahapan dalam suatu proses disampaikan dengan bahasa yang informatif dengan titik berat pada penggunaan kata denotatif.
Contoh paragraf narasi ekspositoris :
Cara merawat dan memelihara merpati tidaklah terlalu sulit. Bagi pemula, langkah pertama adalah membeli merpati satu pasang di tempat usaha peternakan merpati.
Jika merpatinmasih kecil, usahakan kandang tidak terlalu terbuka agar suasana dalam kandang cukup hangat, tapi cukup terang.
Selanjutnya, periksalah makanan dan minumannya serta berikan secara teratur.
Sebaiknya kandang merpati dibersihkan secara teratur untuk menjaga kesehatan merpati dan tempat tinggalnya.

b. Narasi sugestif
Narasi sugestif adalah suatu bentuk narasi yang tujuanya merangsang saya khayal pembaca.
Tujuan utamanya adalah memberi makna atas peristiwa atau kejadian sebagai suatu pengalaman .
Bahasa yang digunakan lebih condong ke bahasa kiasan dengan menggunakan kata kata konotatif.
Contoh paragraf narasi sugestif :
Saya menuju ke lapangan terbang, dengan menunjukkan kartu kuning, segera saya diijinkan turut menumpang Dakota.
Turun dari kemayoran segera saya naik taksi pula ke Priok. Kapal yang akan berangkat ke Singapura ialah majesty.
Secepat rusa saya berlari menuju kapal tersebut.
Berdiri sambil bersandarkan terali tampak seorang laki laki setengah tua, berpakaian teluk belanga berpeci seremban dan berkain sarung Trengganau.

2. Paragraf Deskripsi
adalah paragraf yang menjelaskan sebuah objek secara rinci, sehingga seorang pembaca 
seolah-olah melihat dan merasakan sebuah objek tersebut. Objek yang dipakai didalam 
paragraf deskripsi biasanya berupa Orang, Benda, atau objek yang lainnya, yang bisa dilihat dengan panca indera.
Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri yang ada didalam Paragraf Deskripsi yaitu, sebagai berikut ini :
Paragraf ini memakai beberapa bentuk kata sifat di dalamnya.
Deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan objek secara rinci.
Melibatkan fungsi dari panca indera didalam mendeskripsikan sebuah objek.
Paragraf ini selalu menyebutkan ciri-ciri dari objek tersebut mulai dari, Bentuk, Warna, Ukuran dan lain sebagainya.
Ketika mulai membaca, pembaca seolah-olah dapat melihat objek tersebut.
_
Contoh Paragraf Deskripsi

Tentang Sekolah
Sudah hampir tiga tahun aku duduk dibangku sekolah SMK Negeri 1 Bandar Lampung.

Sekarang aku sudah masuk ke kelas XII, aku mengambil sebuah jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).
Sekolahku merupakan salah satu sekolah yang cukup terkenal di wilayah ku.
Sekolahku ini terdiri dari beberapa gedung dengan di beri warna kuning yang tidak terlalu mencolok.
Gerbang masuknya saja mempunyai tinggi hampir 2 meter lebih yang dilenggkapi dengan besi runcing diatasnya.
Ketika hendak memasuki gerbang sekolah, kendaraan dari para guru dan murid sudah terlihat berjara di bawah pohon beringin yang besar.
Pohon beringin tersebut ada disetiap sekolah karena merupakan lambang sebuah Koperasi.

3. Paragraf Ekposisi
Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraph dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan/ memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat dan padat
Jenis : 

a. Eksposisi Definisi

Eksposisi ini menyampaikan informasi yang berupa definisi atau pengertian dari suatu hal.

b. Eksposisi Proses

Ekpsosisi ini menyampaikan sebuah informasi yang berupa proses dari suatu hal.

c. Eksposisi Klasifikasi

Eksposisi ini menyampaikan informasi yang berupa klasifikasi suatu benda atau hal tertentu.

d. Eksposisi Ilustrasi

Eksposisi ini menyampaikan sebuah informasi yang merupakan ilustarasi sebuah hal.

e. Eksposisi Perbandingan dan Pertentangan

Eksposisi ini menyampaikan informasinya dengan cara membandingkan atau mempertentangkan suatu hal.

f. Ekpsosisi Laporan

Eksposisi ini menyampaikan sebuah berita yang merupakan laporan dari suatu perjalanan atau penelitian, dan lain sebagainya.
Ciri – ciri : - Gaya informasinya persuasive dan mengajak
-        Penyampaian jelas, lugas dan baku.
-        Menjabar informasi pengetahuan
-        Bersifat netral dan objektif
-        Disertai data-data yang akurat
-        Disertai fakta-fakta sebagai konkritasi dan kontribusi
Contoh : - Koran
-        Berita
-        Artikel
-        Thesis


4. Definisi Argumentasi
Berisi tentang seseorang terhadap suatu hal atau pendapat ulasan si penulis. Untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca dan mengubah pandangan pembaca. (perlu disertai fakta – fakta aktual seperti hasil research, data, dan teori ahli).

Ciri – ciri
1.      Berisikan pandangan, pendapat dan keyakinan terhadap permasalahan
2.      Berdasarkan data factual yang digunakan untuk meyakini para pembaca
3.      Menganalisis dan memberi sebuah analogi dari sebuah permasalahan
4.      Memberikan kesimpulan pembaca tentang pendapat yang lebih luas bukan penegasan ulang topik pembaca
5.      Disampaikan secara logis

Contoh
Dampak negative rokok tak hanya bagi para perokok aktif saja. Namun orang yang tergolong perokok pasif juga akan mengalami imbas negative dari rokok. Menurut sumber terpercaya, dampaknya negative yang dirasakan perokok pasif karena roko antara lain gangguan pernapasan,penyempitan pembuluh darah, gangguan pada janin,meningitis, imun tubuh melemah, hingga kecanduan asap rokok. Oleh karena itu,sesegera mungkin jauhilah asap rokok dari para perokok aktif, agar tidak menjadi perokok pasif , dan agar terhindar dari dampak buruk akibat menjadi perokok pasif.

5.  Paragraf Persuasi
Persuasi iklan yang baik adalah persuasi yang mampu dan berhasil merangsang konsumen membeli barang dan jasa yang ditawarkan.
dengan membujuk konsumen dan mengajak konsumen
untuk membeli suatu produk.

ciri-ciri
1. Penulis memahami bahwa pendirian dan pemahaman pembaca dapat diubah.
2. Berusaha menjelaskan dan menarik kepercayaan pembaca
3. Berusaha menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
4. Berusaha menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
5. Menunjukkan fakta-fakta dan data untuk           menguatkan argumentasi atau dalil

contoh
1.Marilah kita membersihkan lingkungan sekitar kita agar terhindar dari bibit – bibit penyakit!
2.Ayo lestarikan tumbuhan dan hewan langka supaya tidak mengalami kepunahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDOMIE SELERA KUU...

1. Narasi  Mie instan pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 1969 dan dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok. Indomie adalah salah satu mie instan yang terkenal di Indonesia. Indomie pertama kali dimunculkan pada tahun 1972 yaitu Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam. Kemudian, pada tahun 1982 perusahaan PT. Indofood CBP Sukse Makmur Tbk. milik Sudono Salim itu mulai memperkenalkan varian lain yaitu Indomie Kuah Rasa Kari Ayam. Tahun 1983 indomie mulai memasuki puncak kejayaannya dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng. Hingga saat ini, varian indomie beraneka ragam. Indomie pun mulai terkenal di kancah dunia. 2. Deskripsi Indomie merupakan mie instan yang produksinya dilakukan di Indonesia. Indomie dapat dijumpai atau dibeli di warung, supermarket, atau mitra usaha lainnya. Daya tarik dari kemasan menjadikan indomie dikenal oleh banyak kalangan. Rasa dari indomie saat ini sangat beragam. Mulai dari indomie kuah, seperti Indomie Soto, Indomie Aya

Mengenal Creative Writing ( AD-42-E)

                                Anggota Kelompok:  Aqilla Rizky Pramono (1601184194)  Jeddi Rizty Nasution (1601184463) Sulthan Farrel Artha Nugraha (1601170399) Primasetya Rahman (1601184396) 1.       Pengertian creative writing Creative writing adalah teknik menulis sesuatu berdasarkan realita yang diolah lagi menjadi suatu imajinasi dan memikirkan bagaimana pembaca tertarik terhadap tulisan ide penulis    .       2.       Prinsip creative writing   Prinsip creative writing dangan learning by doing , playing , dan entertaining yang maksudnya belajar sambil praktik, bermain, dan bersifat menghibur. a.        Fokuskan pada tujuan atau ide utama dalam menulis b.       Jika ada ide atau gagasan langsung ditulis atau disketsa c.        Lebih memilih kaliamat yang sederhana daripada yang kompleks d.       Gunakan istilah yang dapat digambarkan oleh pembaca e.        Gunakan variasai (jangan monoton cari cara lain untuk menjelaskan suatu m

Ayo!! Selidiki Gaya Bahasa dan Majas

Gaya Bahasa Perbandingan 1. Majas Metonomia Jika ditinjau dari bentuknya, majas ini termasuk ke dalam golongan majas perbandingan, namun jika ditinjau dari makna yang saling berhubungan maka metonomia diklasifikasikan menjadi jenis majas pertautan. Karakteristik dari Majas ini yakni pada penggunaan nama merek atau simbolik tertentu yang melekat pada sesuatu hal berupa benda, instansi, dan lain-lain. Contoh : Dia tidak bisa bekerja dengan fokus kalau tidak menghisap sampoerna mild iklan ini termasuk ke dalam majas Metonomia karena iklan ini menyebutkan merek yang sangat melekat pada karakter di dalam iklan tersebut. 2. Majas Sinekdoke Majas sinekdoke terbagi menjadi 2 jenis yakni pars pro toto dan totem pro parte. Penjelasannya sebagai berikut: Pars Pro toto adalah majas yang menyebutkan sesuatu hal dari sebagian yang mewakili   keseluruhan.           Contoh : Kemana saja dia? Jam segini belum terlihat batang hidungnya. iklan ini termasuk ke dalam majas Sinekdo