Langsung ke konten utama

Ayo!! Selidiki Gaya Bahasa dan Majas


Gaya Bahasa Perbandingan



1. Majas Metonomia
Jika ditinjau dari bentuknya, majas ini termasuk ke dalam golongan majas perbandingan, namun jika ditinjau dari makna yang saling berhubungan maka metonomia diklasifikasikan menjadi jenis majas pertautan. Karakteristik dari Majas ini yakni pada penggunaan nama merek atau simbolik tertentu yang melekat pada sesuatu hal berupa benda, instansi, dan lain-lain.
Contoh : Dia tidak bisa bekerja dengan fokus kalau tidak menghisap sampoerna mild

iklan ini termasuk ke dalam majas Metonomia karena iklan ini menyebutkan merek yang sangat melekat pada karakter di dalam iklan tersebut.


2. Majas Sinekdoke
Majas sinekdoke terbagi menjadi 2 jenis yakni pars pro toto dan totem pro parte. Penjelasannya sebagai berikut:
  • Pars Pro toto adalah majas yang menyebutkan sesuatu hal dari sebagian yang mewakili   keseluruhan.
          Contoh : Kemana saja dia? Jam segini belum terlihat batang hidungnya.


iklan ini termasuk ke dalam majas Sinekdoke (Pars Prototo) karena iklan ini identik dengan Tiket.com yang mewakili sebagian dari keseluruhan produk yang terdapat di dalam iklan tersebut.

  •  Totem Pro Parte adalah majas yang menyebutkan keseluruhan dari suatu hal dari sebagian dari hal tersebut.
          Contoh : Belanda akan melawan Spayol pada perempat final malam nanti.

iklan ini termasuk ke dalam majas Sinekdoke (Totem proparte) karena di dalam iklan ini identik dengan (brazil) yang mewakili keseluruhan dari sebagian (12 june-13 july)


  • Aqilla Rizky Pramono ( mencari pengertian majas metonomia, contoh dan contoh poster iklan)
  • Jeddi Rizty Nst ( mencari pengertian majas sinekdoke pars prototo, contoh dan poster iklan)
  • Sulthan Farrel ( mencari pengertian majas sinekdoke totem proparte, contoh dan poster iklan)



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

INDOMIE SELERA KUU...

1. Narasi  Mie instan pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada tahun 1969 dan dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok. Indomie adalah salah satu mie instan yang terkenal di Indonesia. Indomie pertama kali dimunculkan pada tahun 1972 yaitu Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam. Kemudian, pada tahun 1982 perusahaan PT. Indofood CBP Sukse Makmur Tbk. milik Sudono Salim itu mulai memperkenalkan varian lain yaitu Indomie Kuah Rasa Kari Ayam. Tahun 1983 indomie mulai memasuki puncak kejayaannya dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng. Hingga saat ini, varian indomie beraneka ragam. Indomie pun mulai terkenal di kancah dunia. 2. Deskripsi Indomie merupakan mie instan yang produksinya dilakukan di Indonesia. Indomie dapat dijumpai atau dibeli di warung, supermarket, atau mitra usaha lainnya. Daya tarik dari kemasan menjadikan indomie dikenal oleh banyak kalangan. Rasa dari indomie saat ini sangat beragam. Mulai dari indomie kuah, seperti Indomie Soto, Indomie Aya

Mengenal Creative Writing ( AD-42-E)

                                Anggota Kelompok:  Aqilla Rizky Pramono (1601184194)  Jeddi Rizty Nasution (1601184463) Sulthan Farrel Artha Nugraha (1601170399) Primasetya Rahman (1601184396) 1.       Pengertian creative writing Creative writing adalah teknik menulis sesuatu berdasarkan realita yang diolah lagi menjadi suatu imajinasi dan memikirkan bagaimana pembaca tertarik terhadap tulisan ide penulis    .       2.       Prinsip creative writing   Prinsip creative writing dangan learning by doing , playing , dan entertaining yang maksudnya belajar sambil praktik, bermain, dan bersifat menghibur. a.        Fokuskan pada tujuan atau ide utama dalam menulis b.       Jika ada ide atau gagasan langsung ditulis atau disketsa c.        Lebih memilih kaliamat yang sederhana daripada yang kompleks d.       Gunakan istilah yang dapat digambarkan oleh pembaca e.        Gunakan variasai (jangan monoton cari cara lain untuk menjelaskan suatu m