Gaya Bahasa Perbandingan
1. Majas Metonomia
Jika ditinjau dari bentuknya, majas ini termasuk ke dalam golongan majas perbandingan, namun jika ditinjau dari makna yang saling berhubungan maka metonomia diklasifikasikan menjadi jenis majas pertautan. Karakteristik dari Majas ini yakni pada penggunaan nama merek atau simbolik tertentu yang melekat pada sesuatu hal berupa benda, instansi, dan lain-lain.
Contoh : Dia tidak bisa bekerja dengan fokus kalau tidak menghisap sampoerna mild
iklan ini termasuk ke dalam majas Metonomia karena iklan ini menyebutkan merek yang sangat melekat pada karakter di dalam iklan tersebut.
2. Majas Sinekdoke
Majas sinekdoke terbagi menjadi 2 jenis yakni pars pro toto dan totem pro parte. Penjelasannya sebagai berikut:
- Pars Pro toto adalah majas yang menyebutkan sesuatu hal dari sebagian yang mewakili keseluruhan.
iklan ini termasuk ke dalam majas Sinekdoke (Pars Prototo) karena iklan ini identik dengan Tiket.com yang mewakili sebagian dari keseluruhan produk yang terdapat di dalam iklan tersebut.
- Totem Pro Parte adalah majas yang menyebutkan keseluruhan dari suatu hal dari sebagian dari hal tersebut.
iklan ini termasuk ke dalam majas Sinekdoke (Totem proparte) karena di dalam iklan ini identik dengan (brazil) yang mewakili keseluruhan dari sebagian (12 june-13 july)
- Aqilla Rizky Pramono ( mencari pengertian majas metonomia, contoh dan contoh poster iklan)
- Jeddi Rizty Nst ( mencari pengertian majas sinekdoke pars prototo, contoh dan poster iklan)
- Sulthan Farrel ( mencari pengertian majas sinekdoke totem proparte, contoh dan poster iklan)
Komentar
Posting Komentar